Recent Posts

Posts RSS

PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PERSYARATAN PESERTA
  1. Persyaratan PPDB SMA
    Calon Peserta didik :
    1. Telah lulus SMP/MTs/sederajat, memiliki Ijazah dan Daftar Nilai UN bagi lulusan Tahun Pelajaran 2011/2012 dan Tahun Pelajaran 2010/2011;
    2. Berusia setinggi-tingginya 18 tahun pada tanggal 18 Juli 2012.
  2. Persyaratan PPDB SMK
    Calon Peserta didik :
    1. Telah lulus SMP/MTs atau yang sederajat, memiliki Ijazah dan Daftar Nilai UN bagi lulusan Tahun Pelajaran 2011/2012 dan Tahun Pelajaran 2010/2011;
    2. Berusia setinggi-tingginya 18 tahun pada tanggal 18 Juli 2012;
    3. Memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan spesifik bidang/kompetensi keahlian di SMK yang dipilih
    4. Memiliki surat keterangan telah mengikuti tes khusus dari SMK yang dipilih
  3. Penerimaan Calon Peserta Didik Baru (PPDB) yang berasal dari sekolah asing dilakukan melalui seleksi khusus berdasarkan ketentuan yang berlaku secara nasional
  4. Hal-hal yang perlu dipersiapkan:
    1. Bukti cetak pengajuan pendaftaran online
    2. Foto copy Surat Tanda Lulus (STL) yang dilegalisir
    3. Foto copy Ijazah yang dilegalisir
    4. Foto copy nilai UAN/SKHUS/SKHUN yang dilegalisir
    5. Foto copy sertifikat prestasi siswa dg turut membawa yg asli (jika ada)
TATA CARA PELAKSANAAN

Pendataan

  1. Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari luar Kota Bekasi, lulusan Sekolah Indonesia di luar negeri. Lulusan Paket A dan B, dan lulusan Tahun Pelajaran 2010/2011 Kota Bekasi harus melakukan proses pendataan untuk memperoleh surat rekomendasi dari kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk mengikuti PPDB On-line Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2012/2013;
  2. Syarat-syarat yang digunakan untuk melakukan proses pendataan bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari luar Kota Bekasi :
    1. Nilai SKHUN dan/atau Fotocopy Daftar Kolektif Nilai UN yang dilegalisir oleh sekolah
    2. Pengantar dari Dinas Pendidikan asal
    3. Lulusan dari luar negeri mendapatkan validasi dari Kementerian Pendidikan Nasional
  3. Syarat-syarat yang digunakan untuk melakukan proses pendataan bagi Calon Peserta Didik Baru lulusan Paket A dan B atau yang sederajat dan lulusan Tahun Pelajaran 2010/2011 berasal dari Sekolah/PKBM di Kota Bekasi: menggunakan Nilai SKHUN
  4. Tempat pelayanan pendataan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bekasi;
  5. Proses pendataan dilakukan secara perorangan;
  6. Waktu pendataan dimulai tanggal 21 sampai dengan 28 Juni 2012 pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB setiap hari kerja.
  7. Prosedur pendataan dilakukan sebagai berikut :
    1. Calon siswa baru menyiapkan berkas pendataan
    2. Calon siswa baru ke Dinas Pendidikan Kota Bekasi, mengisi formulir, dan melengkapi berkas
    3. Panitia Dinas melakukan verifikasi berkas
    4. Panitia dinas melakukan entry pendataan calon siswa baru ke sistem PPDB online, kemudian mencetak tanda bukti pendataan online dua rangkap ditandatangani oleh calon peserta didik dan operator dinas.
    5. Panitia Dinas memberikan satu lembar bukti pendaatan untuk calon peserta didik baru, satu untuk arsip panitia dinas.
    6. Peserta didik baru yang sudah melakukan pendataan harus melakukan pendaftaran PPDB Online agar dapat mengikuti proses seleksi secara online.
    7. Peserta didik baru yang sudah melakukan pendataan dan tidak melakukan pendaftaran dianggap tidak mengikuti PPDB Online.

Pendaftaran

Pendaftaran PPDB Online berbasis ujian nasional dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
  1. Calon peserta didik baru datang langsung ke sekolah terdekat yang terdaftar sebagai peserta PPDB Online kota bekasi tahun 2012/2013 sesuai jenjang pendidikan baik SMP, SMA maupun SMK.
  2. Calon peserta didik baru mengisi formulir yang disediakan oleh panitia sekolah dengan menyerahkan kelengkapan persyaratan yang ditentukan;
  3. Panitia sekolah melakukan verfikasi kelengkapan persyaratan yang ditentukan;
  4. Panitia sekolah melakukan entry data pendaftar, kemudian mencetak tanda bukti pendaftaran sebanyak dua lembar, ditndatangani oleh calon siswa baru dan operator sekolah, satu lembar bukti pendaftaran di berikan kecalon siswa baru, satu di simpan oleh panita sekolah sebagai arsip.
  5. Calon siswa baru menyimpan tanda bukti pendaftaran yang akan digunakan saat lapor diri (apabila diterima disekolah tujuan).
ALUR PENDAFTARAN

    JADWAL KEGIATAN

    TINGKAT SMA
    NO KEGIATAN TANGGAL JAM KETERANGAN
    1 Pendataan *) 27 Juni s.d 3 Juli 2012 09.00 - 14.00 WIB Di Dinas Pendidikan Kota Bekasi
    2 Pendaftaran online **) 2 s.d 6 Juli 2012 24 Jam Internet
    3 Pendaftaran langsung dan
    verfikasi
    2 s.d 6 Juli 2012 09.00 - 14.00 WIB Di salah satu sekolah yang dipilih
    4 Proses Seleksi Real Time
    Online
    2 s.d 6 Juli 2012 24 Jam Internet
    5 Pengumuman 10 Juli 2012 08.00 WIB Internet, Sekolah dan SMS
    6 Daftar Ulang ***) 10 - 12 Juli 2012 08.00 - 14.00 WIB Di sekolah tempat Calon
    Peserta didik diterima
    7 Hari Pertama Masuk Sekolah 16 Juli 2012 - Sekolah
    Keterangan :
    *   )  Bagi calon Peserta Didik Baru yang berasal dari luar Kota Bekasi, lulusan Sekolah Indonesia di luar negeri, Lulusan Paket A dan B, dan lulusan Tahun Pelajaran 2010/2011 Kota Bekasi
    **  )  Pendaftaran Online pada tanggal 6 Juli ditutup jam 12:00 WIB
    ** )  bagi calon peserta didik yang diterima (pada saat pengumuman)


    TINGKAT SMK
    NO KEGIATAN TANGGAL JAM KETERANGAN
    1 Pendataan *) 27 Juni s.d 3 Juli 2012 09.00 - 14.00 WIB Di Dinas Pendidikan Kota Bekasi
    2 Test Khusus 19 - 21 Juni 2012 09.00 - 14.00 WIB Disekolah Tujuan
    3 Test Kejuruan 23 Juni 2012 - Disekolah Tujuan
    4 Pendaftaran online **) 2 s.d 6 Juli 2012 24 Jam Internet
    5 Pendaftaran langsung dan
    verfikasi
    2 s.d 6 Juli 2012 09.00 - 14.00 WIB Di salah satu sekolah yang dipilih
    6 Proses Seleksi Real Time
    Online
    2 s.d 6 Juli 2012 24 Jam Internet
    7 Pengumuman 10 Juli 2012 09:00 WIB Internet, Sekolah dan SMS
    8 Daftar Ulang ***) 10 - 12 Juli 2012 08.00 - 14.00 WIB Di sekolah tempat Calon Peserta
    didik diterima
    9 Hari Pertama Masuk Sekolah 9 Juli 2012 - Sekolah
    Keterangan :
    *   )  Bagi calon Peserta Didik Baru yang berasal dari luar Kota Bekasi, lulusan Sekolah Indonesia di luar negeri, Lulusan Paket A dan B, dan lulusan Tahun Pelajaran 2010/2011 Kota Bekasii
    **  )  Pendaftaran Online pada tanggal 6 Juli ditutup jam 12:00 WIB
    ** )  bagi calon peserta didik yang diterima (pada saat pengumuman)

     PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN
    1. Calon Peserta Didik Baru SMP dan SMA dapat menentukan 1 (satu) pilihan sekolah negeri dan 1 (satu) pilihan sekolah swasta yang terdaftar dalam PPDB on line;
    2. Calon Peserta Didik Baru SMK hanya diijinkan untuk memilih 1 (satu) sekolah negeri dan 1 (satu) sekolah swasta yang terdaftar dalam PPDB on line, serta menentukan 1(satu) pilihan kompetensi keahlian pada 1 (satu) sekolah sesuai dengan yang ditawarkan oleh SMK yang dimaksud.
    3. Saat Proses Seleksi berlangsung Calon peserta didik yang tidak diterima pada Sekolah pilihan Pertama diberi kesempatan 1 (satu) kali kesempatan untuk memilih sekolah selain pilihan pertama tersebut.
    4. Calon peserta didik yang tidak diterima tersebut langsung melakukan pendaftaran kembali dengan sekolah tujuan yang berbeda dari pilihan pertama.
    5. Selama Proses Seleksi tidak diperkenankan mencabut berkas, Calon peserta didik yang mencabut berkas dinyatakan mengundurkan diri dan didiskualifikasi dari PPDB online.
    CARA SELEKSI
     
    1. Untuk SMA berdasarkan jumlah Nilai Ujian Nasional (UN);
      Rumus Seleksi SMA :

      NA = NBIND + NMAT + NIPA + NBING

      Dimana NA : Jumlah Nilai Akhir Ujian Nasional
      NBIND : Nilai UN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
      NMAT : Nilai UN Mata Pelajaran Mate-matika
      NIPA : Nilai UN Mata Pelajaran IPA
      NBING : Nilai UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris
    2. Untuk SMK berdasarkan Rata-rata Nilai Ujian Nasional (UN) menghasilkan Nilai Rata-rata Ujian Nasional (NRUN), diformulasikan bersama Nilai Tes Khusus (NTK), sehingga menghasilkan Nilai Akhir (NA) untuk proses seleksi, Nilai Akhir (NA) dihitung dengan menggunakan rumus :
      Rumus Seleksi SMK :

      NA = (NRUN x 0.4) + (NTK x 0.6)

      NA : Nilai Akhir
      NRUN : ((NBIND + NMAT + NIPA + NBING)/4)
      Dimana NRUN : Nilai Rata-rata Ujian Nasional
      NBIND : Nilai UN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
      NMAT : Nilai UN Mata Pelajaran Mate-matika
      NIPA : Nilai UN Mata Pelajaran IPA
      NBING : Nilai UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris
      NTK : Nilai Tes Khusus (nilai 1 s.d. 10)
    DAYA TAMPUNG
    1. Daya tampung dialokasikan untuk PPDB On-line berbasis nilai UN sebesar maksimal 75 % dengan rincian sebagai siswa dalam kota bekasi maksimum 70% dan siswa luar kota/paket A/B maksimum 5%;
      1. Daya tampung PPDB Berbasis UN untuk siswa dalam kota Bekasi maksimal 70%
      2. Daya tampung untuk PPDB berbasi
    2. dan PPDB jalur prestasi dan bina lingkungan 25 %;
    3. Daya tampung untuk PPDB jalur prestasi disediakan quota maksimal 5 %; daya tampung untuk PPDB jalur bina lingkungan maksimal 20 % , terdiri dari Calon Peserta Didik Baru keluarga kurang mampu dan lingkungan masyarakat setempat maksimal 12,5 % serta lingkungan masyarakat berlandaskan pemerataan memperoleh akses pendidikan maksimal 7,5 %.
    PENGUMUMAN HASIL

    Pengumuman PPDB bagi Calon Peserta Didik Baru dari keluarga kurang mampu dan lingkungan masyarakat sekitar sekolah dilakukan oleh sekolah pada tanggal 18 Juni 2012

    Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website http://www.bekasi.demo.siap-psb.com/ atau men-download petunjuk/prosedurnya di JUKNIS PPDB ONLINE 2012 BEKASI.pdf

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Daftar Alumni SMAN 13 Bekasi

    Daftar Alumni
    Bagi anda siswa/i alumni SMAN 13 Bekasi, silahkan mengisi data alumni untuk dimasukkan dalam daftar Alumni SMAN 13 bekasi.
    • Format: YYYY
    • Boleh alamat facebook, Twitter, blog dan lainnya.
    • Ket: Ukuran foto maks. 700kb
    • Hal Penggunaan/ Terms Of Use

      Dengan mencentang tanda dibawah ini, berarti saya telah mengisikan form ini dengan benar dan jujur. Saya siap bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan dalam pengisian data diatas dan siap menanggung konsekuensinya sesuai peraturan sekolah dan hukum di Indonesia

      By checking the sign below, it means I had fill in this form correctly and honestly. I am ready to responsible if something goes wrong in charging of the data above and ready to bear the consequences according to school rules and laws in Indonesia
    • (pastikan data yang anda masukkan telah benar)
    Powered byEMF Online Form
    Report Abuse